Gratis Pembuatan Paspor Calhaj 2011??? Membingungkan!! Bohong!!

http://1.bp.blogspot.com/-UJyjbpHsw70/TfBO2ijMpkI/AAAAAAAABXQ/Ev01CodJjwA/s1600/paspor.jpg

Maaf, bila tulisan ini bagi anda terkesan mencari-cari kelemahan atau apalah, namun inilah fakta dilapangan yg harus saya tulis agar kelak kita semua mampu berpikir bahwa masih saja ada kebohongan di sana-sini….apalagi kebohongan dengan alih-alih agama…ehmmm muak eke dengarnya!! ………

Yuk, kita lihat pernyataan Menteri Agama kita mengenai masalah ini

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Menteri Agama Suryadharma Ali melalui Dirjen Haji dan Umroh telah membuat kebijakan penggratisan biaya pembuatan paspor mulai 1 Juni sampai akhir Juli 2011. “Sebelumnya, biaya pengurusan paspor telah mengalami penurunan dari Rp 270.000 menjadi Rp 255.000,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jatim Drs Sutrisno Rahmat SE MPD MM di Surabaya, Senin (30/5).

Menurut dia, turunnya biaya pengurusan paspor itu karena biaya sidik jari ditiadakan, namun tahun ini justru semakin ringan lagi, karena Menteri Agama menggratiskan biaya pengurusan paspor itu. “Pak Menteri menggratiskan, karena biaya pembuatan paspor telah dibiayai negara dengan dana optimalisasi Kementerian Agama, sehingga calhaj tidak dipungut biaya paspor sama sekali,” paparnya.

atau sampean bisa baca yang ini

Menurut Slamet, biaya penerbitan paspor bagi jemaah haji menjadi tanggung jawab Kementerian Agama dengan menggunakan dana optimalisasi setoran awal BPIH, sedangkan bagai jemaah haji khusus menjadi tanggung jawab yang bersangkutan. “Pengurusan paspor dapat dilakukan secara perorangan dan rombongan yang di koordinir kantor Kemenag setempat,” ujarnya.

Persyaratan permohonan paspor, Kata Slamet Riyanto, terdiri dari KTP yang masih berlaku, Kartu keluarga, Akte/surat kelahiran atau surat nikah atau ijazah atau surat keterangan Kepala Kantor Kemenag setempat dan surat rekomendasi dari Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/kota setempat. (ini diungkapkan oleh Dirjen PHU Slamet Riyanto dalam konferensi pers, di kantor Kemenag, Jl.Lapangan Banteng Barat No.3-4,Jakarta Pusat, Senin (30/5)) . http://haji.kemenag.go.id/content/detail_news/17/30/05/2011/Mulai-1-Juni-Calhaj-Bisa-Urus-Paspor

Pernyataan-pernyataan mengenai penggratisan biaya Paspor untuk Calon Haji 2011, bagi saya terkesan membingung bahkan fakta yang terjadi dilapangan menjurus pada kebohongan… (Tenang, ini fakta loh…..dan ini saya rasakan sediri ketika mengurus pembuatan paspor untuk Ibu saya…atau mungkin yg lain juga mengalami hal yg sama????…….bicaralah!!).

Mari kita lihat kejadian di tempat lain sebelum saya mengungkapkan pengalaman saya ketika mengurus paspor haji yg ternyata tidak GRATIS ini. Lucunya masalah ini juga dirasakan oleh pihak IMIGRASI sendiri yg notabene sudah mengadakan kerjasama dengan PIHAK DEPAG.. (lah kok bingung…..aneh saya)…lihat pernyataan di bawah ini :

NU Online, Pembuatan paspor hijau gratis bagi jamaah calon haji (Calhaj) masih membingungkan Kantor Imigrasi Kelas II Kabupaten Karawang karena dalam pembuatan atau pencetakan paspor hijau di Kantor Imigrasi, ada tahapan pembayaran yang tidak bisa dilewati.

“Sesuai dengan sistem komputerisasi pembuatan paspor berstandard internasional atau paspor hijau, ada tahapan pembayaran. Jika tidak dilakukan pembayaran, maka paspor itu tidak bisa dicetak,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Karawang, Alif Suaidi, di Karawang, Ahad.

Suaidi mengatakan, secara umum proses pembuatan paspor berstandard internasional di kantor imigrasi itu dimulai dengan entry data, verifikasi, pembayaran, biometrik, dan cetak. Pembayaran merupakan tahapan ketiga yang harus dilakukan para pemohon pembuatan paspor berstandard internasional.

Jika tahapan pembayaran itu tidak dilakukan oleh pemohon, maka paspor itu tidak akan bisa dicetak, padahal Departemen Agama (Depag) menyatakan pembuatan paspor hijau untuk Calhaj adalah gratis.

“Pernyataan itu sampai saat ini masih membingungkan, karena dalam pembuatan paspor hijau secara komputerisasi ada tahapan pembayaran yang harus dilakukan. Sedangkan Depag belum bisa menjelaskan tentang penggratisan biaya paspor hijau itu,” katanya.

Ia menyarankan agar Depag segera memberi penjelasan mengenai digratiskannya biaya paspor tersebut, sehingga tidak membingungkan Kantor Imigrasi.

“Kapan Depag membayarkan biaya pembuatan pasor hijau itu secara kumulatif, harus segera diperjelas, karena kami langsung melaporkan pemasukan keuangan beberapa menit setelah mencetak setiap satu paspor,” katanya.

Ia memberi alternatif bagi para Calhaj asal Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi yang menjadi wilayah kerja Kantor Imigrasi Karawang, agar biaya pembuatan paspor hijau itu ditanggung masing-masing. Selanjutnya, Depag akan mengganti biaya pembuatan paspor yang telah dikeluarkan setiap calhaj itu.

Mengenai alternatif tersebut, Alif mengaku belum direspon secara penuh oleh Depag, karena masing-masing Depag masih menunggu keputusan dari pusat mengenai hal tersebut.
WAKAKAKAKAKAKAK…..DEPAG BERKOAR GRATIS PASPOR HAJI 2011, PIHAK IMIGRASI BERKOAR BINGUNG…………….LAH, KALAU SAMPEAN SAJA PARA PETUGAS IMIGRASI BINGUNG BAGAIMANA DENGAN KAMI?? APA KAMI HARUS PIPIS DIAM-DIAM ?????? …………. Dohhhhh….. Pleaseee dech…kami capek dibodohin terus!!!!

Oke, biar saya samakan pengalaman saya pribadi mengenai kebohongan tersebut, dan saya akan bercerita singkat dan mudah-mudahan dapat dimengerti

Pengurusan paspor haji untuk ibu saya ini saya lakukan di kantor Imigrasi Jakarta Timur (di daerah Cipinang dekat LP Cipinang) walaupun saya berdomisili di Bekasi dan memiliki KTP Bekasi. (Sebab DEPAG KOTA BEKASI menyarankan ibu saya untuk ke Karawang….dan itu terlalu jauh serta melelahkan bagi ibu saya yg sudah tua……..dan perlu juga diketahui bahwa peraturan sekarang bahwa kita bebas mengurus paspor Haji dimana saja, sebab paspor haji yg sekarang menggunakan PASPOR HIJAU atau Perorangan/Biasa bukan paspor khusus Haji)

http://1.bp.blogspot.com/-UJyjbpHsw70/TfBO2ijMpkI/AAAAAAAABXQ/Ev01CodJjwA/s1600/paspor.jpg
seperti inilah modelnya

Pengurusannya bisa memakan waktu kira-kira 6 hari kerja jika tidak ada masalah seperti kekurangan dokumen atau kantor imigrasinya mati lampu. Normalnya sih cuma butuh 3 kali kunjungan ke kantor Imigrasi.

Kunjungan Pertama (Pengumpulan formulir)
Dikunjungan pertama intinya cuma ngumpulin formulir dan dokumen-dokumen yang diperlukan. Kita mulai dari dokumen apa saja yang harus dibawa ya? (ini berdasarkan pengalaman saya lho). Dokumen tersebut adalah:
– Fotokopi KTP
– Fotokopi Kartu Keluarga
– Fotokopi Kutipan Akte Kelahiran
– Fotokopi BPIH Seteron Awal Haji (Aslinya pun saya bawa, karena berharap sebagai bukti Haji dan gratis biaya pembuatan…..heheheheh….ternyata tidak berguna)

Sebelumnya, anda harus mengambil formulir yg sudah disediakan,…hati-hati ini tidak GRATIS!!! kita harus membelinya seharga 12.000 rupiah ……… (emang dasar Iblis dimana-mana selalu aja ada….sudah jelas formulir dan map gratis ehh malah dijual……dengan dalil sudah ada materainya seharga 6.000 rupiah,….ya seharusnya jualan materai saja….ndak usah dijual formulirnya!!!!)

Beli formulirnya dan isi selengkap-lengkapnya. Setelah diisi dengan lengkap masukan semua dokumen (Fotokopi) ke dalam map formulir (diberikan bersama dengan formulir). Kemudian cari loket pengumpulan formulir. Kalau di kantor Imigrasi tersedia 4 loket. Berikan kepada petugas loket dan hafalkan nomer loket. Petugas loket akan memberikan potongan kecil dari map formulir sebagai tanda penerimaan formulir (kita sebut saja tanda terima). Simpan tanda terima tersebut baik-baik. Di tanda terima tersebut dituliskan kapan harus kembali untuk kunjungan berikutnya. Kalau di tanda terimanya tidak ada tulisan, jangan malu bertanya😄 Normalnya sih 3 hari kerja, jadi kalau datang Senin tanggal 1 berarti harus kembali lagi Kamis tanggal 4.

Kunjungan Kedua (Foto + Sidik Jari + Wawancara)
Kunjungan kedua untuk Foto + Sidik jari + Wawancara. Bawalah semua dokumen asli yang dikumpulkan bersama dengan formulir untuk verifikasi ketika wawancara.
Tunggu namanya dipanggil oleh Kasir (jadi buka telinga lebar-lebar, soalnya berisik disana, deket-deket aja ama kasir). Setelah dipanggil ama kasir bayar deh Rp. 255.000,- dan oleh kasir akan diberikan satu kertas bukti pembayaran (kita sebut saja Kwitansi) dan nomer urut pemotretan😄 Setelah itu tunggu nomernya dipanggil (jadi sekali lagi buka telinga lebar-lebar).

Nah, di sesi inilah saya mulai mempertanyakan kepada pihak kasir, mengapa ibu saya harus bayar??? ini percakapan saya

saya : “Lah, kok saya harus mbayar Bu? bukankah untuk CALHAJ 2011 ini digratiskan sebab sudah diambil dari setoran awal biaya haji yg dibayarkan para calhaj??? dan bukankah sudah ada MOU antara pihak DEPAG dengan IMIGRASI?? ini loh saya bawa bukti-bukti dan aslinya…..
Petugas Kasir : “Wah, kalau itu saya tidak tahu Mas!”
Saya : “Loh kok ibu tidak tahu??? Apa tidak diberitahukan oleh dirjen Imigrasi kepada para petugasnya mengenai ini….. coba ibu buka di web resmi dirjen imigrasi disana juga dengan jelas diungkapkan bahwa biaya pembuatan paspor untuk calon haji gratis!!”
Petugas kasir : “Sudahlah mas, saya tidak tahu!! dibelakang masih antri”

Akhirnya terpaksa saya pun membayar, sebenarnya saya juga sudah bisa menebak akan seperti itu jawaban mereka… DAN INI MEMBUKTIKAN BAHWA DEPAG TIDAK SERIUS MENGURUS HAJI…ATAU JANGAN-JANGAN DEPAG SUDAH TIDAK MAMPU LAGI???? lah kalau sudah ndak mampu ya swastakan saja….biar kami bisa memilih mana yg lebih berkualitas…. HAJI KOK DIMONOPOLI ?? 

Setelah dipanggil, masuk jangan lupa bawa dokumen asli, ada pemotretan, pengambilan sidik jari dan wawancara.  Setelah selesai tanya kepada petugas loket pengumpulan formulir kapan (hari dan jam) paspor dapat diambil. Normalnya sih 4 hari kerja.

Kunjungan Ketiga (Pengambilan paspor)
Kunjungan terakhir! Berikan kwitansi. Nanti akan diberikan paspor beserta sampulnya (haaaaaaaaaaaa…ternyata sampul pun saya tidak diberi). Petugasnya biasanya minta untuk paspor itu difotokopi dulu dan diberikan ke petugas tadi (kalau di Imigrasi Jakarta Timur ada tukang fotokopi di lantai paling bawah).

di bagian ini pun ada yg terlihat lucu dan janggal,, paspor yg sudah difotocopy saya perhatikan hanya ditumpuk begitu saja tidak dimasukan ke dalam map berkas kita………sehingga saya timbul pertanyaan lalu apa gunanya difotocopy??? ATAU JANGAN-JANGAN INI HANYA KERJASAMA MEREKA DENGAN PIHAK FOTOCOPY…… MAKLUM 1 LEMBAR BISA SEHARGA 1000 RUPIAH……….COBA ANDA BAYANGKAN DENGAN….KKKKKK.,…(Maaf, ini hanya praduga dan pikiran nakal saya saja….)

sudah ah, lama-lama capek membahas tetek bengek pengurusan apapun di Indonesia ini yg terbilang NGAK JELAS…. terakhir saya hanya meminta ampun kepada Allah SWT

“Ya Allah, ampuni saya hamba-Mu ini……… saya hanya tidak ingin panggilan suci-Mu untuk beribadah Haji harus terkotori oleh manusia-manusia bejad yg selalu berkopiah…………. Ya Allah ampunilah hamba,”

About bahrudin Achmad

Cuma orang Goblok yg ingin Ngeblog....... Apa yg kutulis inilah caraku....sampean mau suka atau tidak itu urusan sampean.... :D
This entry was posted in Celoteh si Kethir and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Gratis Pembuatan Paspor Calhaj 2011??? Membingungkan!! Bohong!!

  1. Muhammad Reza says:

    Asswwb, Trim mas atas infonya, Insya ALLAH sy dan istri akan menjalaninya tahun ini, semoga diberi kesabaran dan kemudahan dari ALLAH SWT, Amin

Jangan Lupa Komentarnya....... Tinggalkan jejak anda dengan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s